Tips Makanan Berbuka Puasa – Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang jika dirutinkan untuk dilakukan dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Namun, tidak jarang orang-orang mengeluh setelah berpuasa berat tubuh mereka menjadi bertambah. Salah satu penyebab yang mungkin membuat ini terjadi adalah tidak sehatnya makanan yang kita pilih sebagai menu berbuka puasa. Oleh karena itu, Anda memerlukan tips makanan berbuka puasa agar puasa Anda justru dapat meningkatkan tingkat kebugaran dan kesehatan tubuh Anda setiap hari.

Mayoritas dari kita ketika sedang berbuka puasa ingin sekali rasanya untuk melahap seluruh makanan terhidang setelah seharian menahan haus dan lapar. Namun, justru hal ini tidaklah baik dilakukan jika makanan-makanan yang terhidang tersebut tidak sehat dan bergizi. Meskipun perut terasa lapar setelah seharian menjalankan ibadah puasa, Anda tetap harus mengontrol setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Makanan apa saja yang perlu Anda konsumsi agar kebugaran dan kesehatan tubuh Anda tetap terjaga? Simak 6 tips berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Siapkan buah yang kaya kalium

Salah satu makanan yang seharusnya ada untuk menemani Anda berbuka puasa adalah buah-buahan yang tinggi kalium. Kalium sangat penting peranannya dalam menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap kuat dan sehat. Kalium juga berperan untuk meminimalisir kram yang terjadi pada tubuh dan menjaga keseimbangan cairan elektrolit pada tubuh. Lalu, apa saja sumber makanan yang sarat akan kalium? Makanan-makanan tersebut adalah kacang-kacangan, sayuran yang memiliki warna daun yang gelap, kentang, yoghurt, pisang, labu, alpukat, dan jamur. Selain itu, kurma juga termasuk ke dalam salah satu sumber makanan yang tinggi kalium dan glukosa. Mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa sangat dianjurkan karena nutrisinya yang dapat menggantikan kebutuhan-kebutuhan nutrisi yang sempat hilang selama berpuasa.

Minum banyak air putih atau cairan lain yang sehat

Ketika berbuka, sebaiknya Anda segera meminum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi setelah hampir dua belas jam berpuasa (jika di Indonesia). Hindari meminum air es karena hal tersebut bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan es atau minuman dingin dapat menahan rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang di saat kita seharusnya banyak mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat untuk memulihkan stamina setelah seharian berpuasa. Selain air putih, Anda juga bisa meminum cairan sehat lainnya seperti air kelapa, jus dan susu untuk menggantikan banyak cairan yang hilang selama seharian. Air kelapa baik untuk memberikan asupan cairan elektrolit pada tubuh.

Makanan tinggi gula tidak baik dikonsumsi

Salah satu tips makanan berbuka puasa lainnya adalah menghindari makanan tinggi gula. Mengapa makanan tinggi gula harus dihindari? Hal ini dikarenakan jenis makanan ini memiliki nutrisi yang sedikit, namun tinggi kalori. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula ketika berbuka puasa, sudah bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika berat badan Anda akan meningkat drastis. Oleh karena itu, makanan seperti permen dan cokelat sebaiknya dihindari dari menu berbuka puasa Anda agar bobot Anda tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa.

Makanan yang digoreng nikmat tapi jahat

Siapa yang bisa menolak makanan yang digoreng ketika sedang berbuka puasa? Sangat sulit memang bagi kita untuk menghindari jenis makanan yang satu ini karena kenikmatan luar biasa yang disajikannya. Namun sayangnya, dibalik kenikmatan hakiki yang diberikan oleh makanan-makanan yang digoreng ketika berbuka puasa, seluruh makanan ini mengandung tingkat kolesterol yang cenderung tinggi. Selain kolesterol, ia juga memiliki tingkat kandungan lemak jahat yang tidak baik bagi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dapat mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh Anda.

Sup buah menjadi pilihan takjil sarat nutrisi

Salah satu tips yang harus diperhatikan ketika berbuka puasa adalah makan dengan tidak terburu-buru. Selain itu ada baiknya jika Anda memakan takjil yang ringan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan berat. Adapun salah satu menu takjil yang disarankan untuk Anda konsumsi ketika berbuka puasa adalah sup buah. Sup buah yang mengandung sari buah alami cenderung memiliki sedikit serat. Jika serat yang dikonsumsi sedikit, maka ia akan memudahkan tubuh untuk menyerapnya dengan cepat. Selain itu, ia juga dapat mengembalikan sebagian energi tubuh yang sebelumnya telah hilang. Ada baiknya jika Anda menambahkan sup buah tersebut dengan tambahan madu alami.

Selain kelima tips di atas, ada beberapa perilaku yang juga harus Anda perhatikan ketika sedang berbuka puasa. Informasi di bawah ini akan membantu Anda untuk menjaga pola perilaku sehat ketika berpuasa dan berbuka.

Hindari mengonsumsi makanan dengan porsi besar

Berpuasa berarti menahan hawa nafsu untuk makan selama dua belas jam bahkan lebih. Hal ini tentunya berdampak terhadap perubahan biologis mengenai nafsu makan yang kita alami. Hindari langsung makan dengan porsi besar karena ia dapat mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh kita. Efek negatif lain yang dirasakan oleh kita yang mengonsumsi makanan berat dengan porsi besar adalah perut kram, mual, dan ingin muntah. Berbukalah dengan porsi secukupnya agar tidak memberatkan tubuh ketika sedang menjalani ibadah sholat maghrib, isya dan tarawih.

Jangan makan dan minum terburu-buru

Tips lainnya yang harus diperhatikan ketika sedang berbuka puasa adalah tidak makan dan minum secara terburu-buru. Terkadang hal ini luput dari perhatian kita semua, padahal penting untuk digarisbawahi. Terburu-buru ketika sedang makan dan minum dapat meningkatkan resiko tersedak dan mengganggu sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakan dengan perlahan, mengunyah makanan sebanyak tiga puluh tiga kali agar makanan menjadi lembut dan mudah dicerna oleh usus.

Hindari meminum kopi

Ada banyak informasi salah yang beredar dan menekankan bahwa mengonsumsi kopi ketika berbuka puasa dapat mengembalikan kesegaran tubuh yang hilang selama berpuasa. Padahal justru mengonsumsi kopi ketika berbuka sebaiknya dihindari karena ia berpotensi mengakibatkan maag dan dehidrasi lebih lanjut pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kafein di dalam kopi yang dapat meningkatkan rasa haus. Mengonsumsi kopi juga dapat mengganggu sistem kerja lambung dan sistem pencernaan karena ia dapat menyebabkan rasa kembung pada perut.

Demikian tips makanan berbuka puasa agar Anda tetap sehat dan bugar ketika menjalani ibadah puasa.

Share Button
Author