Eropa memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara karena menawarkan beragam destinasi wisata. Nah, salah satu daya tarik wisata yang nggak boleh kamu lewatkan yaitu budaya makanan di Eropa yang terkenal lezat dan nikmat.

Saking mendunianya kuliner Eropa, banyak makanan Eropa yang diadopsi oleh negara lain, termasuk Indonesia. Biar kamu makin tahu makanan Eropa yang populer di Indonesia, berikut ini ulasan selengkapnya.

Budaya Makanan di Eropa

Budaya Makanan di Eropa yang Terkenal di Indonesia

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan-makanan asal Eropa seperti pizza dan gelato, bukan? Makanan Eropa memang sudah mendunia dan sudah tersebar hampir ke seluruh penjuru bumi. Berikut ini beberapa menu makanan Eropa yang sudah banyak ditemukan di Indonesia.

1.     Gelato

Salah satu hidangan asal Eropa yang populer di Indonesia yaitu gelato. Gelato terbuat dari perpaduan susu dan gula dengan tekstur yang mirip seperti es krim. Dibandingkan es krim, gelato memiliki lemak yang lebih rendah sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang menyukainya.

Hidangan dengan citarasa manis ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau camilan. Karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan, hidangan penutup yang berasal dari kota Florence Italia ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

2.     Pizza Al Taglio

Pizza Al Taglio merupakan makanan Eropa yang sangat populer karena kelezatannya. Makanan yang berasal dari kota Roma di Italia ini menjadi incaran wisatawan asing yang berkunjung ke Eropa.

Berbeda dengan pizza pada umumnya, Pizza Al Taglio memiliki bentuk persegi dengan pilihan topping yang beragam dan bisa dipilih sendiri sesuai dengan selera. Meski begitu, kalau kamu ingin rasa pizza yang otentik, kamu bisa mencoba topping tomat dan basil.

Bahkan tidak perlu jauh-jauh ke Eropa, kamu juga bisa membeli Pizza Al Taglio di restoran atau toko roti yang ada di Indonesia.

3.     Kroketten

Kroketten juga menjadi salah satu budaya makanan di Eropa yang sudah populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Makanan asal Belanda ini terbuat dari kentang yang ditumbuk dan diisi dengan daging, serta dilapisi tepung roti kemudian digoreng.

Kroketten atau yang lebih dikenal dengan sebutan kroket juga sudah menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia yang banyak dijual di toko roti bahkan pasar-pasar tradisional.

4.     Crepes

Makanan khas Eropa selanjutnya yang populer di Indonesia yaitu crepes. Buat kamu yang sering jalan-jalan di mall, kamu pasti pernah melihat gerai makanan yang menjual crepes, bukan? Makanan asal Prancis ini terbuat dari adonan tepung dan gula dengan berbagai macam varian toping.

5.     Currywurst

Currywurst merupakan makanan asal Jerman yang memiliki citarasa lezat dan bikin ketagihan. Currywurst adalah makanan yang terbuat dari sosis daging babi yang sudah digoreng dan dipotong-potong, kemudian dibumbui saus kari dan disajikan bersama kentang goreng.

6.     Sachertorte

Sajian khas Eropa selanjutnya yang sudah mendunia dan banyak ditemukan di Indonesia yaitu Sachertorte. Makanan khas Eropa satu ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang nikmat.

Sachertorte sendiri merupakan sponge cake bertekstur lembut dan sering dihidangkan sebagai hidangan penutup. Meski begitu, makanan Eropa satu ini terbilang mahal dengan kisaran harga 400 ribu per porsi dan hanya bisa ditemukan di hotel mewah atau toko roti khas Eropa.

7.     Frites

Makanan Eropa selanjutnya yang wajib kamu coba yaitu Frites. Frites merupakan makanan ringan yang berasal dari Belgia yang terbuat dari kentang goreng, kemudian dimasukkan ke dalam tempat berbentuk kerucut seperti cone es krim dengan tambahan saus krim di atasnya.

Dari ulasan di atas, kamu jadi makin tahu budaya makanan di Eropa, bukan? Seiring dengan perkembangan zaman dan arus globalisasi yang pesat, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke Eropa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut.

Share Button
Author